ANALISIS IDIOLOGI PANCASILA TERHADAP KUALITAS JASA PELAYANAN KAPAL PENUMPANG FERRI INDONESIA

Harcici Harcici

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai mengenai pengamalan nilai-nilai Idiologi Pancasila terhadap kualitas pelayanan dan untuk mengetahui faktor-faktor yang menjadi persepsi penumpang serta harapan pelanggan dalam memilih jasa pelayanan. Dalam proses pelayanan pada kapal Ferri Indonesia harus bisa menjadi penggerak dalam usaha melayani pelanggan. Bentuk pelayanan tersebut bisa dilakukan dengan berbagai cara, salah satunya adalah dalam hal penguatan ideologi, dimana ideologi bangsa Indonesia adalah Pancasila. Pancasila ini menjadi pedoman dan falsafah bangsa dalam segala kehidupan, sehingga dibutuhkan adanya pemahaman makna Pancasila oleh semua lapisan. Ideologi adalah pandangan hidup atau filsafat yang berintikan serangkaian nilai (norma) atau sistem nilai dasar yang bersifat menyeluruh dan mendalam yang harus dimiliki oleh pegawai kapal ferri dan dijadikan acuan atau sebagai wawasan dan pandangan hidup mereka.

Megutamakan kualitas pelayanan yang baik secara realitas dan sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, seorang pegawai atau pelayan kapal Ferri Indonesia diharapkan mampu memberikan pelayanan yang terbaik dan dilaksanakan secara professional agar dalam menjalankan tugasnya bisa diakui dan diterima oleh masyarakat sekitar serta  dia bisa hidup dari profesinya tersebut. Pusat pelayanan merupakan suatu mata rantai yang penting antara perusahaan kapal Ferri dengan pelanggan. Tujuan akhir dari seluruh penyelenggaraan pelayanan yang dilakukan oleh pegawai, kapal Ferri Indonesia adalah untuk memberikan sebuah pelayanan yang dibutuhkan oleh pengguna jasa angkutan kapal laut. Sedangkan tingkat kesesuaiyan antara persepsi dan harapan pelanggan terhadap kualitas pelayanan jasa pada kapal ferri Indonesia, yang rendah  perlu adanya peningkatan, perbaikan antara lain better yang berkaitan dengan mutu pelayanan yang berkualitas.

  

Kata kunci: Pengamalan nili-nilai Idiologi Pancasila dan Kualitas Pelayanan,(persepsi dan harapan pelanggan terhadap kualitas pelayanan jasa).



DOI: http://dx.doi.org/10.33556/jstm.v0i0.8

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Sains Dan Teknologi Maritim Terindeks oleh :

Crossref logo  Crossref logo

 

SUPPORTED BY

View Jurnal Saintek Stats