PENGARUH BUDAYA PERUSAHAAN TERHADAP PENCAPAIAN VISI MISI PT.PELABUHAN INDONESIA III ( PERSERO) CABANG TANJUNG EMAS SEMARANG

Nurmawarti -, PM Ananda Samekto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menemukan sebuah model semakin baik customer fokus, kepedulian dan integritas, maka akan semakin meningkat pencapaian visi misi perusahaan. Pada penelitian ini obyak yang diambil adalah Terminal Penumpang PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero) cabangTanjungEmas Semarang, sumber data meliputi data primer dan data sekunder.Sampel pada penelitian ini adalah 100 responden.Teknis analisis data adalah menggunakan teknik Regresi Linier Berganda
Hasil analisis dengan alat bantu progam SPSS versi 22 diperoleh hasil persamaan regresi linier berganda Y = 0,538 + 0,268 X1 + 0,374 X2 + 0,283 X3 + 
Hasil persamaan regresi linier berganda menunjukkan bahwa secara parsial terdapat pengaruh positif dan signifikan antara customer focus terhadap pencapaian visi misi perusahaan yaitu (thitung=2,781 >ttable = 1,984) dengan tingkat signifikan 0,007, antara kepedulian terhadap pencapaian visi misi perusahaan yaitu (thitung=3,328 >ttabel= 1,984) dengan tingkat signifikan 0,001, antara integritas terhadap pencapaian visi misi perusahaan yaitu (thitung=2,813 >ttabel= 1,984) dengan tingkat signifikan 0,006. Dengan adanya pengaruh positif dan signifikan secara parsial artinya semakin baik customer fokus, kepeduliandan integritas, maka akan semakin meningkat pencapaian visi misi perusahaan. Angka koefisien determinasi(adjusted Rsquare)sebesar 0,582.Hal ini berarti variabel customer fokus (X1), kepedulian (X2)dan integritas (X3) memiliki kontribusi sebesar 58,2 % dalam menerangkan pencapaian visi misi perusahaan (Y) sedangkan faktor-faktor lain yang berpengaruh terhadap pencapaian visi misi kontribusinya sebesar 41,8 % misalnya dipengaruhi faktor exelence, visionary, mutual respect, team work dan faktor lainnya.

Kata kunci : Budaya, Visi, Misi


This study aims to find a better model of customer focus, awareness and integrity, then it will increase the company's vision and mission accomplishment. In this study obyak taken is the Passenger Terminal PT. Pelabuhan Indonesia III (Persero) cabangTanjungEmas Semarang, data sources include primary data and sekunder.Sampel in this study was 100 responden.Teknis data analysis is using the technique of Multiple Linear Regression Results of analysis tools SPSS version 22 program results obtained multiple linear regression equation Y = 0.538 + 0.268 + 0.374 X1 + 0.283 X2 X3 +  The results of multiple linear regression equation showed that partially there is positive and significant correlation between customer focus to the achievement of the vision of the company's mission (t = 2.781> TTable = 1.984) with a significant level of 0.007, between concern for the achievement of the vision of the company's mission (t = 3,328> table = 1.984) with a significant level of 0.001, the integrity of the achievement of the vision of the company's mission (t = 2.813> table = 1.984) with a significant level of 0.006. With the positive and significant effect partially means the better customer focus, integrity kepeduliandan, it will increase the company's vision and mission accomplishment. Coefficient of determination (adjusted Rsquare) of 0,582.Hal this means customer focus variable (X1), caring (X2) and integrity (X3) contributed by 58.2% in light of achieving the vision of company (Y), while other factors which affect the achievement of the vision and mission of its contribution by 41.8% influenced exelence eg, visionary, mutual respect, team work and other factors.

Keywords: Culture, Vision, Mission


Full Text:

View Journal


DOI: http://dx.doi.org/10.33556/jstm.v14i1.49

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Sains Dan Teknologi Maritim Terindeks oleh :

Crossref logo  Crossref logo

 

SUPPORTED BY

View Jurnal Saintek Stats