PENYEBAB DAN UPAYA PENANGANAN TUMPAHAN MINYAK PADA KEGIATAN BUNKER DI ATAS KAPAL LPG/C DECORA

Danang Saifuidin, Agus Subardi, Susilo R A J

Abstract


Tumpahan minyak ke laut menyebabkan pencemaran lingkungan. Pencemaran laut adalah masuknya zat atau energi dari manusia ke lingkungan laut yang dapat membahayakan sumber daya kehidupan, kesehatan manusia, mengganggu kegiatan laut termasuk penangkapan ikan, penurunan nilai kualitas air laut, dan pemanfaatan laut lainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penyebab terjadinya tumpahan minyak pada kegiatan bunker di kapal LPG/C Decora dan untuk mengetahui upaya meningkatkan kesigapan crew kapal LPG/C Decora dalam menangani tumpahan minyak pada kegiatan bunker dengan melaksanakan oil spill drill. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Fishbone Analisys. Data penelitian diperoleh dari data primer dan data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan penyebab terjadinya tumpahan minyak yang disebabkan karena pelaksanaan kegiatan bunker dan penanganan tumpahan minyak yang tidak sesuai dengan prosedur. Upaya yang dilakukan  untuk meningkatkan kesigapan crew kapal LPG/C Decora dalam menangani tumpahan minyak dengan melaksanakan  oil spill drill, menetapkan SOPEP, melaksanakan safety meeting, pengawasan oleh perwira kapal serta peran perusahaan dalam pelaksanaan oil spill drill di atas kapal.

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Anish. (2019). What is Ship Oil Pollution Emergency Plan (SOPEP)? Marine Insigh. Retrieved from tps://www.marineinsight.com/maritime-law/what-is-ship-oil-pollution-emergency-plan-sopep (diakses 18 November 2019).

Beiras, R. (2018). Marine pollution. Elsevier, 3–20.https://doi.org/https://doi.org/10.1016/B978-0-12-813736-9.00001-5

Bisri, sato m., Sumali, B., Faouzon, I., Panjaitan, toga a., & Sunarto. (2018). kepedulian lingkungan (M. Ester, ed.). jakarta: Djangkar.

IMO. (2015). International Safety Management Code. IMO: United Kingdom.

Khariri, T. (2017). Optimalisasi Oil Spill Drill Untuk Mencegah Pencemaran Minyak pada Kegiatan Bongkar Muat di MT. Gamkonora. Semarang: PIP Semarang.

Maritime world. (2018). SEJARAH KONVENSI MARPOL (Memahami Isi Dari Marpol). http://www.maritimeworld.web.id/2011/04/sejarah-konvensi-marpol-memahami-isi.html?m=1 (diakses tanggal 30 Maret 2020).

Purwantomo, A. H. (2019). Prosedur Darurat dan SAR (A. Maryati, ed.). Semarang: PIP Semarang.

Sulistyorini, R. (2017). Optimalisasi Latihan Pencegahan Pencemaran Minyak Untuk Menanggulangi Tumpahan Minyak di Kapal Palu Sipat. Semarang: PIP Semarang.

Silalahi, R. F. (2017). Peranan Sopep Drill dalam Upaya Menanggulangi Pencemaran Minyak pada saat Bunker di Kapal MT. BINTANG MAS HSB 02. Semarang. PIP Semarang.




DOI: http://dx.doi.org/10.33556/jstm.v21i1.258

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Sains Dan Teknologi Maritim Terindeks oleh :

Crossref logo  Crossref logo

 

SUPPORTED BY

View Jurnal Saintek Stats