PENGARUH PELAYANAN, TARIF BONGKAR /MUAT DAN FASILITAS PENUMPUKAN BARANG TERHADAP MINAT PENGGUNA JASA PT. (PERSERO) PELINDO III CABANG TANJUNG EMAS SEMARANG

Hendra Saprianto, Sri Ernawati Saprianto, Ernawati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui variabel-variabel yang dapat mempengaruhi minat pengguna jasa PBM PT (Persero) Pelabuhan Indonesia  III Cabang Tanjung Emas Semarang. Populasi terdiri dari  Perusahaan Bongkar / Muat berjumlah 29 Perusahaan yang masih aktif tahun 2013, dengan menggunakan metode sampling  jenuh atau sensus, yaitu bila semua anggota populasi di gunakan sebagai sampel  

 Dari analisa data yang diperoleh,  mengidentifikasikan bahwa, fasilitas penumpukan memiliki pengaruh terhadap pengguna jasa PBM PT (Persero) Pelabuhan Indonesia  III Cabang Tanjung Emas Semarang, terbukti dengan angka t hitung yang lebih besar dibandingkan t tabel dengan keofisien regresi fasilitas penumpukan sebesar 0.376 yang bertanda positif. Disamping itu pelayanan juga diperoleh hasil adanya pengaruh positif dan signifikan  terhadap minat untuk menggunakan jasa PBM PT.(Persero) Pelindo III Cabang Tanjung Emas Semarang. Hal ini dibuktikan dengan melihat angka t hitung yang lebih besar dibandingkan t tabel  dengan koefisien regresi pelayanan sebesar 0.137 juga bertanda  positif. Hal ini berarti semakin baik fasilitas penumpukan dan pelayanan yang diberikan pihak PBM PT.(Persero) Pelindo III Cabang Tanjung Emas Semarang kepada para pengguna jasa, maka akan semakin meningkatkan minat untuk menggunakan jasa pada PBM PT.(Persero) Pelindo III Cabang Tanjung Emas Semarang.  Satu-satunya variable yang tidak mempunyai pengaruh yaitu Tarif Bongkar/ Muat.    

Kata kunci :  Fasilitas penumpukan, pelayanan, minat pengguna jasa.




DOI: http://dx.doi.org/10.33556/jstm.v0i0.14

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Sains Dan Teknologi Maritim Terindeks oleh :

Crossref logo  Crossref logo

 

SUPPORTED BY

View Jurnal Saintek Stats