MINAT PENUMPANG DALAM PENGGUNAAN JASA KMP DHARMA FERRY II JURUSAN LEMBAR – PADANG BAI

I Gede Pasek Suarjana , Retno Mulatsih Suarjana, Mulatsih

Abstract


Pelabuhan penyeberangan yang dimiliki PT. ASDP (Persero) Lembar  diminati oleh masyarakat yang ingin bepergian dengan menggunakan jasa penyeberangan. Penumpang di pelabuhan ternyata tidak hanya dibatasi oleh komunitas tertentu, tingkat penghasilan, tingkat pendidikan dan pekerjaan. Hal ini menunjukkan bahwa pelabuhan penyeberangan PT. ASDP (Persero) mempunyai segmen pasar yang luas, sehingga menimbulkan persaingan antar perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa pelabuhan penyeberangan.

Masyarakat Indonesia adalah konsumen pengguna jasa penyeberangan yang dapat diperhitungkan oleh para produsen. Berdasarkan data yang didapat bahwa calon penumpang bersifat heterogen, yang berarti mereka terdiri dari berbagai kelas sosial yang berbeda, dengan tingkat perbedaan yang berbeda pula. Jumlah mereka yang besar ini tentunya merupakan pasar potensial bagi perusahaan jasa pelabuhan penyeberangan yang ada.

Berdasarkan hasil penelitian dan analisis regresi berganda dihasilkan persamaan : Y = 0,538 + 0,268.X1 + 0,374.X2 + 0,283.X3 + m . Berdasarkan uji “t” variabel-variabel yang mempengaruhi minat penumpang secara positif dan signifikan dapat diurutkan secara parsial sebagai berikut : X1 (fasilitas perlengkapan kapal KMP. Dharma Ferry II : 2,781); X2 (Pelayaanan Crew Kapal KMP. Dharma Ferry II: 3,328); dan X3 (Pengoperasian Kapal KMP. Dharma Ferry II: 2,813).

 

Kata Kunci : Fasilitas Perlengkapan kapal, Pelayanan Crew kapal dan Pengoprasian kapal




DOI: http://dx.doi.org/10.33556/jstm.v0i0.12

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Sains Dan Teknologi Maritim Terindeks oleh :

Crossref logo  Crossref logo

 

SUPPORTED BY

View Jurnal Saintek Stats